MINGGU KE-26

Anda pasti sudah merasa gerakan bayi anda beberapa minggu belakangan ini, tetapi saat ini orang lain juga akan dapat merasakan gerakan aktif bayi Anda bila  mereka memegang perut Anda. Akan menjadi saat yang menyenangkan bisa berbagi hal luar biasa ini dengan orang lain.

Tugas baru Anda saat ini adalah mencari posisi tidur yang nyaman. Pergi ke kamar kecil malam hari, atau minum atau mengemil saat malam hari tentunya akan memotong jam tidur Anda. Anda memerlukan waktu tidur yang cukup, maka coba untuk dapat tidur siang saat siang hari.

Bantal penyanggah tubuh akan sangat berguna saat ini, bantal ini akan dapat menahan kaki dan perut Anda, sehingga Anda dapat berbaring dengan nyaman.

 

MINGGU KE-27

Saat ini, Anda memasuki trisemester ketiga atau trisemester terakhir. Mulai saat ini sampai akhir minggu ke-36, Anda akan mengalami pertambahan berat badan yang terbesar selama masa kehamilan Anda. Pertambahan berat badan pada saat ini adalah tanda yang baik, bahwa bayi Anda akan bertumbuh dan berkembang secara normal. Berat badan yang bertambah ini akan didistribusikan pada beberapa tempat.

Pada awal kehamilan Anda akan merasa bahwa payudara Anda akan membesar. Sebelum hamil, berat payudara Anda hanya sekitar 7 ons, tetapi selama hamil berat payudara dapat mencai rata-rata 28 ons. Berat badan yang bertambah juga karena penambahan carian ketuban dan volume darah dalam tubuh. Jangan lupa bahwa selama kehamilan volume darah meningkat 30-50%. Selain itu, berat badan yang bertambah juga dikarenakan adanya bayi dan plasenta. Bila ditambah dengan cadangan lemak ibu hamil, maka total penambahan berat badan Anda kira-kira 25-30 pon.

Yang penting diingat adalah, diet yang bergizi dan seimbang lebih penting dari kenaikan berat badan itu sendiri. Saat hamil bukanlah saat yang tepat untuk mengurangi makan. Bahkan bila Anda kelebihan berat badan sekalipun, menurunkan berat badan akan berbahaya bagi bayi Anda. Pembakaran lemak cadangan Anda akan melepaskan racun yang ada dalam lemak dan ini berbahaya bagi bayi Anda.

MINGGU KE-28

Mulai minggu ke-28 sebaiknya mulai kontrol ke dokter atau bidan 2 minggu sekali. Bila Anda belum mendiskusikan masalah rencana persalinan Anda dengan dokter Anda, maka inilah saat yang tepat untuk hal tersebut.

Bila Anda belum sempat mengambil kelas ibu hamil, mungkin Anda dapat membaca hal-hal yang sering ditanyakan, seperti episiotomi (pengguntingan kulit dan otot antara vagina dan anus), cara memonitor bayi, dan obat-obatan atau cara-cara untuk menghilangkan rasa nyeri. 

Saat ini, mungkin payudara sudah akan mengeluarkan colostrum, kalaupun tidak keluar, bukan berarti ada masalah. 

 

MINGGU KE-29

Organ dalam akan lebih tertekan oleh besarnya rahim dan bayi yang terus bertumbuh. Dengan bertambah sempitnya ruang rahim Anda karena bertambah besarnya bayi, maka Anda akan lebih sulit merasakan gerakan bayi Anda.  Bila pun ada, kemungkinan itu adalah gerakan dari siku dan lutut bayi.

Daerah yang paling tidak nyaman biasanya daerah punggung, kaki, dan berkurangnya jumlah udara yang dapat dihirup oleh paru-paru Anda.

Jalan terbaik untuk mengatasi ketidaknyamanan ini adalah dengan:

  • postur yang baik
  • nutrisi yang baik
  • olahraga
  • istirahat

MINGGU KE-30

Untuk mengurangi pegal-pegal pada tubuh yang disebabkan oleh perpindahan pusat gravitasi tubuh, ingatlah untuk selalu berdiri dengan postur yang baik.  Postur yang baik akan membuat tubuh Anda lebih nyaman.

Salah satu cara untuk mempertahankan energi dan meningkatkan stamina adalah olahraga. Jangan berolahraga berlebihan, apalagi bila Anda tidak berolahraga minggu-minggu sebelumnya. Cobalah untuk jalan dengan kecepatan sedang atau berenang dengan jarak yang pendek. Lakukan pula peregangan-peregangan yang sederhana beberapa kali sehari juga dapat mengurangi rasa pegak dan nyeri yang dirasakan.

 

MINGGU KE-31

Saat bayi bertambah besar dan memenuhi ruang rahim Anda, rongga dada Anda mungkin akan terasa tidak nyaman. Bukanlah tidak mungkin pada malam hari Anda akan terbangun, dan berdiri atau berjalan untuk beberapa saat agar bayi yang menekan rongga dada Anda dapat turun agar tidak menekan rongga dada tersebut. Beberapa wanita dapat merasakan nyeri ulu hati saat rahim mulai menekan organ-organ dalam, sehingga ruang lambung pun menjadi lebih sempit.  Nyeri ulu hati ini dapat dikurangi dengan tetap mempertahankan posisi tegak setelah makan.

Saat ini, Anda akan mengalami kontraksi Braxton Hicks lebih sering, maka Anda akan lebih bertanya-tanya bagaimana rasanya melahirkan terutama rasa nyeri yang banyak dibicarakan orang. Sekitar 10% wanita mengatakan bahwa nyerinya sangat hebat, sementara 10% lain mengatakan bahwa nyerinya sangat minimal. Delapan puluh persen yang lain mengalami nyeri di antara 2 grup ini. Wanita yang telah mengikuti kelas ibu hamil akan mengatakan bahwa pengalaman melahirkan tidaklah terlalu mengerikan dan nyeri, serta mengalami komplikasi yang lebih sedikit dibanding dengan yang tidak mengikuti kelas ibu hamil.

MINGGU KE-33

Saat ini, Anda dapat membedakan lutut, kaki atau siku bayi Anda, walaupun gerakannya sedikit. Kadang Anda juga akan merasakan gerakan-gerakan yang berirama, itu adalah sesegukan dari bayi yang merupakan hal biasa dan tidak perlu dikuatirkan.

MINGGU KE-34

Tubuh Anda mulai siap untuk menghadapi masa persalinan. Anda akan menyadari bahwa kontraksi menjadi lebih sering, ini adalah tanda baik bawa tubuh Anda akan siap untuk melahirkan, tapi juga harus berhati-hati terhadap kelahiran prematur. Bila ada sesuatu yang mengkuatirkan Anda, maka bicaralah dengan dokter Anda.

MINGGU KE-35

Anda mungkin akan mengalami kesulitan tidur di malam hari, hal ini dapat disebabkan karena rasa ingin berkemih yang menjadi lebih sering. Selain itu, dapat juga disebabkan oleh sakit pinggang atau punggung yang terus-menerus sehingga sulit untuk bersantai.

 

MINGGU KE-36

Mulai minggu ini, Anda akan melakukan kontrol 1 kali seminggu sampai waktunya Anda melahirkan. Pada minggu ini, posisi kepada pada sebagian besar bayi sudah berada di bagian bawah panggul. Namun, sekitar 4% dari populasi bayi akan mengalami sungsang, yang artinya posisi bokong bayi-lah yang berada di bawah. Jangan khawatir bila bayi Anda sungsang, karena dokter akan memberikan beberapa tips latihan agar posisi kepala bayi dapat turun. Bila latihan-latihan ini tidak berhasil, dokter akan mencoba melakukan putar paksi luar.

MINGGU KE-37

Kehamilan yang mencapai minggu ke-37 disebut sebagai kehamilan cukup bulan. Saat ini, bayi Anda sudah cukup matang untuk berada di luar rahim Anda. Ada beberapa hal yang dapat Anda ketahui untuk membedakan apakah sungguh akan melahirkan atau belum. Tanyakan dan diskusikan dengan dokter atau bidan Aanda untuk membedakan kedua hal tersebut. Ada beberapa tanda yang dapat dijadikan patokan.

Tanda-tanda persalinan sesungguhnya :

  • Kontraksi makin lama semakin dekat
  • Kontraksi semakin kuat
  • Kontraksi dirasakan diseluruh perut
  • Waktu kontraksi semakin pajang
  • Berjalan membuat kontraksi semakin kuat
  • Serviks membuka dan menipis dengan kontraksi

Tanda-tanda persalinan palsu:

  • Kontraksi tidak semakin dekat
  • Kontraksi tidak semakin kuat
  • Kontraksi cederung dirasakan hanya di bagian depan saja
  • Waktu kontraksi tidak semakin panjang
  • Berjalan tidak berefek terhadap kontraksi
  • Serviks tidak berubah dengan adanya kontraksi

 

 

MINGGU KE-38

Anda mungkin akan merasa seperti "tersetrum" di daerah kaki dan di dalam vagian.  Hal ini disebabkan oleh penekanan saraf yang berada di dalam panggul oleh bayi Anda, yang menjalar hingga ke kaki dan vagina anda.

MINGGU KE-39

Serviks, yang adalah mulut rahim, akan mulai menjadi lebih lembut dan kemungkinan membuka (dilatasi). Beberapa dokter akan melakukan pemeriksaan rutin pada vagina pada akhir-akhir masa kehamilan, dan mereka dapat mengetahui dan memberitahu seberapa besar pembukaan serviks tersebut. Beberapa dokter mungkin akan memecahkan air ketuban agar terjadi kontraksi.

MINGGU KE-40

Hanya 4% ibu hamil melahirkan tepat waktu, 98% ibu hamil, termasuk yang melahirkan sesuai taksiran kelahiran, akan melahirkan dua minggu sebelum atau dua munggu sesudah taksiran kelahiran. Untuk alasan medis, lebih baik bila tidak membiarkan bayi di dalam rahim lewat dari dua minggu taksiran kelahiran.  Bila sudah dua minggu melewati taksiran kelahiran, maka dokter akan menganjurkan untuk melakukan induksi ( merangsang supaya terjadi kontraksi yang dibantu dengan obat-obatan seperti pitocin ataupun dengan memecahkan selaput ketuban).

SELAMAT ATAS KELAHIRAN BAYI ANDA

Share for life

Support life with sharing to your friends!