MINGGU KE-13

Mulai masuk trimester kedua, Anda akan merasa tidak merasa mual dan letih lagi dan seperti mendapatkan tenaga kembali. Anda mungkin akan lebih sering merasa lapar dari biasanya. Bila rasa mual dan muntah sudah hilang, maka selera makan Anda akan kembali normal. Makanlah cemilan dan makanan yang bergizi bila merasa lapar. Jangan sampai Anda bertambah berat badan terlalu banyak di usia kehamilan yang masih muda.

Bila Anda kontrol ke dokter, biasanya akan dilakukan:

  • pengukuran tekanan darah
  • penimbangan berat badan
  • mengukur tinggi fundus ( pertumbuhan rahim)
  • memeriksa detak jantung bayi
  • periksa urin

MINGGU KE-14

Perubahan hormon dalam tubuh  akan semakin jelas terlihat dari perubahan kulit Anda. Akan timbul garis berwarna gelap di garis tengah perut Anda, yang disebut linea negra. Begitu pula dengan warna area puting susu yang akan semakin gelap dan membesar. Saat ini, besar rahim Anda sebesar buah anggur.

Anda mungkin akan merasa lebih lapar dari biasanya. Bila rasa mual dan muntah sudah menghilang saat ini, maka selera makan Anda akan kembali normal pada akhir bulan ini. Makanlah cemilan dan makanan yang bergizi bila Anda merasa lapar. Jangan sampai Anda bertambah berat badan terlalu banyak dalam waktu yang singkat.

 

MINGGU KE-15

Jantung Anda akan sedikit membesar, hal ini bertujuan agar suplai oksigen ke bayi meningkat. Jantung akan memompa 20% lebih banyak, dan akan meningkat 30-50% pada akhir kehamilan Anda.

Inilah saat yang tepat untuk membeli beberapa pakaian ibu hamil (maternity), atau setidaknya mulailah memakai pakaian dan celana yang agak longgar. Ada ibu hamil yang dapat memakai baju biasa sampai usia kehamilan tujuh bulan, tetapi semua tergantung kenyamanan Anda.

MINGGU KE-16

Saat ini, mungkin Anda akan mengalami konstipasi. Bila ini terjadi cobalah untuk lebih banyak mengkonsumsi sayur atau makanan yang mengandung serat tinggi.

Minumlah lebih cairan terutama air bening juga akan membantu mengurangi konstipasi. Bila sudah dicoba dan masih tidak membantu, berkonsultasilah dengan dokter atau bidan Anda.

Anda mulai dapat merasakan gerakan bayi Anda saat ini. Ini akan terjadi terutama bila Anda adalah multipara (seseorang yang sebelumnya seudah pernah mempunyai Anak), atau bila Anda bertubuh kurus. Biasanya Anda akan mengenali gerakan bayi satu bulan lebih awal dibanding kehamilan terdahulu, hal ini disebabkan karena Anda sudah pernah merasakan sebelumnya. Untuk Anda yang baru hamil pertama, biasanya baru akan mendeteksi adanya gerakan bayi sekitar minggu ke-22 hingga 24 kehamilan. Gerakan bayi pertama ini disebut quickening. Ini dapat juga dipakai untuk mengetahui taksiran waktu melahirkan.

 

MINGGU KE-17

Saat ini, Anda mungkin merasa pusing. Selama kehamilan, ada kemungkinan tekanan darah Anda tidak stabil, terutama saat berubah posisi dari duduk atau berbaring ke posisi berdiri yang terlalu cepat, atau saat berdiri terlalu lama, sehingga yang dirasakan adalah pusing dan seperti mau pingsan. Sebaiknya berdirilah perlahan dan berpegangan pada sesuatu sampai Anda merasa yakin akan baik-baik saja. Bila terasa gelap/pusing/mau pingsan, duduklah kembali.  Bila Anda harus berdiri dalam waktu yang cukup lama, secara berkala bergeraklah beberapa langkah, atau tetap memaksa untuk mengambil waktu untuk duduk. Bila rasa pusing atau ingin pingsan terjadi cukup sering, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kesehatan Anda.

MINGGU KE-18

Tidur menjadi lebih sulit karena adanya perubahan pada tubuh dan perut Anda. Cobalah untuk menyanggah tubuh Anda dengan bantal untuk mendapat posisi tidur yang nyaman. Anda juga dapat mencoba melakukan pelvic tilt sebelum tidur, dan selalu memastikan berkemih dahulu sebelum pergi tidur.

 

MINGGU KE-19

Penelitian menunjukan bahwa dengan mengikuti kelas ibu hamil, maka Anda akan menjadi lebih santai dan mudah saat menghadapi saat persalinan. Bila Anda belum mengikuti kelas ibu hamil, maka inilah saat yang tepat untuk mencari dan mengikuti kelas tersebut. Edukasi mengenai saat persalinan juga merupakan cara yang baik untuk mempersiapkan diri Anda untuk bersalin nantinya. Biasanya kelas-kelas tersebut akan mengajarkan :

  • bagaimana membuat kehamilan anda menjadi menyenangkan
  • pernafasan saat melahirkan
  • tahapan-tahapan melahirkan
  • obat-obatan anti nyeri saat melahirkan
  • melahirkan cara normal dan caesar
  • pemulihan setelah melahirkan

MINGGU KE-20

Pusar Anda akan menonjol sampai saat persalinan nanti karena rahim menekan ke atas dan ke depan.  Kadang Anda akan merasa sulit bernafas karena organ dalam dan rahim yang terus membesar juga menekan paru-paru Anda. Ini akan berlanjut sampai bayi anda ‘turun’ dan masuk ke rongga panggul.

 

Saat ini anda sudah menjalani setengah masa kehamilan

 

MINGGU KE-21

Apakah Anda ingin mengetahui jenis kelamin anak anda? Bila dokter memeriksa Anda dengan USG, maka Anda dapat meminta untuk diberitahu atau tidak diberitahu mengenai jenis kelamin anak Anda.

MINGGU KE-22

Saat ini, masih terasa nyaman untuk beraktivitas. Bila Anda masih merasa nyeri dan sakit atau menjadi lebih lemah dan merasa lambat, sebaiknya mencari penatalaksanaan yang berbeda. Payudara akan semakin membesar dan ini dapat terasa tidak nyaman, terutama bila terasa sakit.

 

MINGGU KE-23

Saat Anda kontrol ke dokter atau bidan, mereka akan meraba perut Anda untuk memastikan posisi bayi Anda. Meteran juga akan dipakai untuk mengukur tinggi fundus, yaitu puncak dari rahim Anda, hal ini berguna sebagai indikasi terus bertumbuhnya bayi Anda.

Jangan ragu bertanya kepada dokter ataupun bidan jika Anda kuatir akan cara atau tidak mengerti atas penjelasan/maksud mereka. Anda juga akan mulai merasakan kontraksi Braxton Hicks, yang merupakan kontraksi awal sebagai latihan untuk Anda. Ini adalah cara otot rahim mempersiapakan untuk kontraksi saat melahirkan nanti.

MINGGU KE-24

Pada saat ini, hampir semua ibu hamil akan dapat merasakan gerakan bayi mereka, Anda bahkan akan tahu kapan bayi Anda bangun ataupun tidur.

Penting untuk mengetahui tanda-tanda akan persalinan, karena kelahiran prematur sangat berbahaya bagi bayi-bayi yang belum berkembang penuh.

Hubungi dokter Anda bila Anda mempunyai gejala-gejala berikut ini:

  • kontraksi atau kram perut lebih dari 5 x dalam 1 jam
  • keluar darah segar dari vagina
  • bengkak pada wajah dan tangan, yang merupakan tanda preeklamsia ( kondisi yang berbahaya untuk ibu dan bayi)
  • Nyeri saat berkemih
  • Keluar cairan dari vagina
  • Nyeri punggung bawah
  • Rasa tertekan pada panggul

MINGGU KE-25

Tidak lama lagi Anda akan kontrol ke dokter atau bidan lebih sering. Ketika ini terjadi, banyak wanita mulai merasa bahwa mereka ‘mulai kehabisan waktu’ dan waktunya terasa makin dekat.

Share for life

Support life with sharing to your friends!