MINGGU KE-3

Ovarium telah dibuahi oleh sperma dan telah menempel dengan sendirinya pada dinding uterusmu. Terkadang terjadi sedikit perdarahan saat telur menempel pada dinding uterus, ini adalah hal yang normal.

MINGGU KE-4

Kebanyakan wanita baru menyadari dirinya hamil setelah 4 sampai 6 minggu setelah terjadi konsepsi. Anda menyadarinya atau tidak, hormon dalam tubuh akan meningkat segera setelah sel telur menempel pada dinding rahim.  Hal inilah yang akan membuat rahim menjadi tempat yang sempurna untuk perkembangan janin.

Beberapa tanda dan gejala yang dapat dirasakan adalah:

  • Tidak mendapat menstruasi
  • Mual
  • Sering berkemih
  • Payudara lebih membesar dan terasa ‘nyeri’

Pada saat ini kemungkinan Anda akan cepat merasa letih, lebih sering berkemih, mood gampang berubah, payudara lebih membesar dan terasa lebih ‘nyeri’.  Trisemester pertama masa kehamilan adalah waktu yang paling penting dan kritis dalam pembentukan bayi Anda. Pada saat ini, Anda harus menghindari minuman beralkohol, rokok, obatan-obatan, dan membatasi bahkan menghentikan konsumsi kafein.

 

MINGGU KE-5

Pada minggu ke-5, kemungkinan anda akan merasakan mudah letih dan mengantuk. Jangan terlalu memaksakan diri! Ikutilah tanda-tanda yang diberikan oleh tubuh bahwa Anda memerlukan istirahat yang cukup pada tiga bulan pertama kehamilan Anda.

Ubahlah kebiasaan keseharian Anda dengan mencoba beberapa saran berikut ini:

  • Rencanakan istirahat/tidur pada siang hari
  • Tidurlah lebih awal dari biasanya
  • Tidur lebih larut pada akhir pekan
  • Mengkonsumsi diet yang seimbang
  • Minumlah vitamin untuk kehamilan
  • Kurangi aktivitas yang tidak penting
  • Mintalah bantuan orang terdekat apabila Anda merasa pekerjaan itu terlalu berat untuk Anda lakukan
  • Kurangi pekerjaan rumah tangga sampai Anda merasa lebih kuat

Terkadang sakit kepala dapat terjadi pada beberapa wanita karena peningkatan hormon. Namun, ada juga wanita yang tidak merasakan hal-hal seperti muntah dan pusing, bagi mereka seperti tidak ada perubahan dan normal-normal saja. Jadi, tidak perlu panik apabila Anda tidak merasakan gejala-gejala hamil lazimnya, walaupun sebaiknya Anda menghubungi dokter Anda jika tiba-tiba Anda tidak lagi merasakan gejala-gejala yang telah ada.

 

MINGGU KE-6

Saat ini kemungkin besar tes kehamilan dengan urin sudah positif. Tes ini mengukur jumlah hormon kehamilan hCG pada urin. Anda bisa merasakan morning sickness. Pada 3 atau 4 bulan awal masa kehamilan dapat dapat mengalami mual-mual dan muntah-muntah. Inilah yang disebut morning sickness, walaupun ini dapat terjadi baik pada siang ataupun malam hari. Makanan dan bau-bauan tertentu dapat memicu rasa mual tersebut.

Anda dapat merasakan sangat tidak nyaman, tapi tidak perlu kuatir! Morning sickness adalah hal yang normal untuk ibu hamil. Itu adalah respon dan adaptasi tubuh terhadap hormon yang dikeluarkan selama hamil. Dokter Anda dapat memberikan beberapa saran untuk mengurangi gejala ini. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil tetapi lebih sering, termasuk sebelum tidur, saat terbangun malam hari bila ingin ke kamar kecil dan 30 menit sebelum bangun dari tempat tidur di pagi hari.

Payudara Anda akan terasa lebih berat, dan daerah areola berwarna lebih gelap.

MINGGU KE-7

Bila saat ini wajah Anda menjadi berjerawat, hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh hormon. Maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi atau mengoles obat-obat jerawat yang dijual bebas. Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan cacat lahir yang serius.

Anda mungkin akan mengalami "ngidam", walaupun banyak juga wanita hamil yang tidak mengalami hal ini. "Ngidam" dapat terjadi bahkan pada bulan pertama kehamilan. Ngidam sendiri tidak menjadi masalah, tetapi tetap memperhatikan diet yang benar. 

Anda harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan bervariatif untuk menjaga diet yang seimbangan demi kesehatan Anda dan bayi Anda.

MINGGU KE-8

Ini adalah saatnya Anda merencanakan untuk pertama kali datang atau kontrol ke dokter. Pada kunjungan pertama biasanya akan dilakukan:

  • pemeriksaan sampel urin
  • pemeriksaan tekanan darah dan penimbangan berat badan
  • pemeriksaan pelvik/panggul dalam
  • pap smear ( ada beberapa dokter akan melakukan ini pada pemeriksaan pertama)
  • darah rutin
  • bertanya tentang riwayat keluarga ( melihat apakah ada komplikasi yang dapat diprediksi lebih awal)

Kunjungan pertama biasanya adalah kunjungan yang paling lama selama masa kehamilan, ini adalah waktu yang baik untuk bertanya bila Anda mempunyai pertanyaan-pertanyaan seputar kehamilan Anda.

 

MINGGU KE-9

Pada saat ini mungkin Anda akan merasakan hidung Anda sedikit "membengkak". Hidung terasa tersumbat dan mimisan cukup sering terjadi selama masa kehamilan. Cobalah untuk menggunakan uap untuk mengurangi gejala ini. Letih, mual dan pusing masih akan dirasakan pada masa ini.

Anda akan merasakan mood yang tidak stabil. Jika Anda kadang tertawa atau menangis untuk alasan yang tidak terlalu jelas, atau bertingkah berlebihan pada situasi yang biasa, tidak perlu terlalu kuatir! Kondisi hormon di dalam tubuh Anda-lah yang menyebabkan seperti ini. Dengan berubahnya jumlah hormon dalam tubuh, Anda mungkin akan merasa lebihh emosional dari biasanya. Bila Anda hamil diluar rencana Anda, luapan emosi tersebut dapat pula terjadi karena situasi  di luar kendali Anda dan bukan hanya karena hormon.

Jangan ragu untuk mencari bantuan jika Anda merasa membutuhkannya sekarang, terutama juga Anda merasa sangat tertekan dan sampai mengancam jiwa.  Hubungilah dokter atau konselor Anda sekarang juga!

MINGGU KE-10

Anda masih akan merasa letih dan juga mual pada minggu ini.  Perut Anda dapat sudah mulai membuncit, tapi itu disebabkan karena pembesaran dari usus dan rahim. Garis pinggang Anda akan berangsur menghilang.

Anda akan lebih sering berkemih. Walaupun rahim Anda belum cukup besar saat ini untuk menekan kandung kemih, tetapi Anda akan lebih sering ke kamar kecil.

Ini adalah gejala lain akibat peningkatan hormon di tubuh Anda dan mungkin merupakan gejala pertama yang Anda perhatikan. Anda akan lebih sering berkemih selama masa kehamilan Anda, terutama 1 atau 2 bulan terakhir masa kehamilan. Bila ada rasa panas atau perih ketika Anda berkemih, segeralah hubungi dokter. Kemungkinan Anda mengalami infeksi saluran kemih dan perlu mendapat pengobatan.

 

MINGGU KE-11

Kenaikan berat badan selama kehamilan menjadi kepedulian bagi banyak wanita. Pada tahapan ini, kenaikan berat badan sangatlah minimal, hanya sekitar ½ hingga 1 kg pada trisemester pertama (tiga bulan pertama). Bahkan ada yang turun berat badannya, terutama bila mual dan muntah terjadi pada beberapa bulan pertama kehamilan. Ada juga yang berat badannya tetap, tetapi ada juga yang naik 5 kg atau lebih pada trisemester pertama.

Sebaiknya fokus Anda lebih kepada nutrisi daripada berat badan. Anda tidak makan untuk dua orang, tetapi apapun yang Anda konsumsi akan menjadi begitu berarti. Anda hanya membutuhkan 300-500 kalori tambahan setiap harinya selama kehamilan. Konsumsilah buah, sayur, dan protein yang bervariasi. Jauhilah makanan yang tidak mempunyai nilai nutrisi yang baik.

MINGGU KE-12

Kemungkinan akan timbul sakit kepala. Bila sebelum kehamilan Anda sering mengalami sakit kepala, maka saat hamil kemungkinan besar Anda akan mengalaminya juga. Konsultasikan dahulu ke dokter atau ke bidan Anda sebelum mengkonsumsi obat-obatan anti nyeri. Tanyakanlah obat-obatan anti nyeri yang aman untuk Anda dan bayi. Anda juga dapat mencoba dengan berbaring di kamar yang gelap dengan kompres dingin di dahi dan tengkuk. Cara ini terkadang dapat membantu menghilangkan rasa sakit kepala. Dapat pula terjadi sakit kepala yang hebat dikarenakan tidur terlalu lama. Kurangi tidur di waktu malam, dan cobalah untuk menambah tidur singkat di siang hari.

Pada minggu ini, Anda akan mulai merasa lebih baik. Rasa letih dan mual akan berkurang (bila anda mengalaminya). Namun, ada kemungkinan masih berlangsung untuk beberapa minggu. Perut akan semakin besar, terutama bila ini bukan kehamilan pertama Anda. Pada saat ini, plasenta sudah mengambil alih untuk memproduksi hormon-hormon.

Share for life

Support life with sharing to your friends!