Apakah Anda makan untuk dua orang?

Meskipun pada dasarnya banyak wanita hamil yang tidak pernah mengalami "ngidam",  tetapi ada kemungkinan Anda akan mengalaminya, bahkan sejak bulan pertama kehamilan. Tidak apa-apa mengalaminya sekali waktu, tetapi Anda harus menjaga diet Anda. Makanan yang Anda konsumsi, haruslah makanan sehat merupakan kombinasi berbagai macam jenis, untuk menjaga diet yang seimbang demi kesehatan Anda sendiri, serta demi perkembangan yang normal pada bayi. Apabila Anda "ngidam" sesuatu yang bukan makanan, seperti pati, tanah liat, es, plaster, cat, rambut atau kerikil, segeralah menghubungi dokter, karena Anda mungkin mengalami kondisi yang disebut “pica”, yang menandakan bahwa tubuh Anda kekurangan mineral. Dokter akan memberikan resep suplemen untuk mengatasi masalah tersebut.

Berfokuslah kepada nutrisi yang Anda butuhkan daripada berat badan Anda. Memang tidak secara harafiah Anda makan untuk dua, tetapi pastikan bahwa apa yang Anda makan berguna untuk tubuh Anda. Anda hanya membutuhkan ekstra 300-500 kalori per hari selama kehamilan. Makanlah beraneka macam buah, sayuran dan protein. Jauhi junk food atau makanan yang tidak ada nilai nutrisinya.

 

Jika Anda merasa cepat lapar.

Apabila fase mual dan muntah telah berhenti, Anda mungkin akan mengalami kembalinya nafsu makan pada akhir bulan. Selama masa kehamilan, beberapa wanita mengalami rasa lapar yang lebih cepat daripada biasanya. Makanlah dengan porsi kecil atau snack yang bernutrisi ketika Anda merasa lapar. Berat badan Anda tidak akan naik secara drastis.

Yang paling penting untuk diingat adalah diet secara sehat jauh lebih penting daripada kenaikan bobot Anda. Beberapa wanita akan mengalami kenaikan berat badan lebih banyak, daripada wanita yang berat badannya di bawah rata-rata, dan daripada mereka yang hamil kembar. Yang lain mungkin hanya bertambah sedikit. Kehamilan bukanlah saatnya untuk mengurangi diet. Bahkan ketika Anda kelebihan berat badan, mengurangi bahkan akan membahayakan bayi yang dikandung, karena akan membakar lemak yang diperlukan pada saat kehamilan. Dan ini dapat mengakibatkan terlepasnya racun yang ada di dalam lemak yang akan membahayakan bayi Anda.

Apa yang baik bagi Anda pada masa kehamilan.

  1. Minumlah seperempat liter susu per hari, khususnya selama trisemester kedua dan ketiga
  2. Minumlah suplemen zat besi dan asam folat (atau pastikan sudah termasuk dalam suplemen multivitamin yang diberikan oleh bidan atau dokter)
  3. Hindarilah ikan, khususnya ikan air tawar
  4. Dapatkan 3 porsi protein yang baik setiap harinya
  5. Minumlah 6-8 gelas air per hari
  6. Makanlah dengan porsi kecil secara berkala
  7. Hindarilah alkohol dan kafein

Makan dengan porsi kecil secara regular.

Bila makan menjadi sesuatu hal yang sulit, cobalah makan dengan jumlah kecil beberapa kali dalam sehari. Hal ini akan membantu mencegah mual dan rasa panas di perut. Memang tidak mudah menjadi kreatif ketika Anda sedang tidak merasa sehat dan tidak memiliki energi, berikut ini adalah beberapa nutrisi yang disarankan sebagai makanan kecil;

  1. Yoghurt shake, dibuat dengan yoghurt rasa vanilla, pisang dan jus jeruk
  2. Salad telur rebus dengan semangkuk sup bakmi ayam dan sepotong roti gandum
  3. Salad padarol gandum
  4. Bran muffin dan sandwich pita bread isi fruit turkey, irisan tomat dan sprouts
  5. Irisan ayam rebus disajikan dengan aprikot kering
  6. Sereal gandum dengan susu
  7. Roti gandum isi keju dengan kadar lemak rendah
  8. Bubur dengan kismis

 

Untuk mengurangi “ngidam”, makanlah snack dengan porsi kecil.

  1. Cream crackers, crackers gandum, pretzels gandum rendah garam
  2. Buah kering seperti kurma, aprikot, apel dan buah ara
  3. Yoghurt porsi kecil, keju rendah lemak
  4. Pisang, apel, jeruk dan jeruk keprok
  5. Bagel dan roti roll porsi kecil
  6. Baby carrots, kacang polong
  7. Sup buatan sendiri
  8. Makan pagi dengan sereal, instant oatmeal, bubur

Makanan dan minuman yang dihindari selama masa hamil.

  1. Jangan makan ikan pedang, hiu, atau tuna untuk menghindari terkena merkuri. Cobalah tuna dalam kaleng
  2. Hindari ikan air tawar, karena lebih rentan dengan pestisida dan karisnogen seperti dioksin atau PCB
  3. Hindari kafein, walaupun dalam penelitian belum ditemukan bahwa kafein mengakibatkan cacat lahir, terutama bila dikonsumsi secara berlebihan
  4. Alkohol: hindari pada saat hamil! Segelas anggur merah seminggu sekali dapat diterima tetapi, alangkah lebih baik untuk menghindari alkohol sama sekali ketika masa kehamilan.

 

Kenaikan berat badan saat hamil.

Bila Anda memasuki masa kehamilan di tingkat berat badan yang membuat Anda nyaman, maka jumlah kenaikan berat badan yang disarankan adalah lebih kurang 11,4kg. Antara 1 sampai 2 kg kenaikan pada trisemester pertama, dan sisanya ditambahkan pada sekitar 12,7 sampai 18,2 kg per minggu setelahnya. Untuk ibu yang berat badannya dibawah rata-rata, adalah penting untuk paling sedikit bertambah berat badannya antara 6,8 sampai 11,4 kg. Karena berat badan pada 14 minggu pertama akan naik sangat sedikit, anda tidak perlu khawatir apabila anda tidak memiliki nafsu makan saat trisemester. Secara alamiah, ketika rasa mual sudah terlewati, berat badan Anda akan bertambah.

Asupan kalori.

Biasanya, asupan kalori akan meningkat sekitar 200 kalori pada masa kehamilan, tetapi semua tergantung dari berat badan sebelum kehamilan, tipe tubuh dan tingkat aktivitas. Anda perlu memperhatikan asupan nutrisi sebelumnya. Berat badan pada umumnya akan naik sekitar 1,4 sampai 2,3 kg di trisemester pertama, tetapi diatas 4,5 kg masih termasuk dalam batasan normal. Beberapa wanita bahkan kehilangan berat badan jika mual dan muntah secara berkala.

Berat badan yang naik secara “berlebihan” belum tentu berbahaya bagi Anda atau bayi Anda, tetapi membuat menurunkan berat badan setelah melahirkan akan lebih sulit. Kenaikan berat badan lebih dari 16 atau 18 kg dapat mengakibatkan ukuran bayi yang besar untuk masa kehamilan.

Pedoman nutrisi untuk kehamilan tampak seperti sangat banyak yang perlu diasup, cobalah dengan susu skim, gandum dan memantau ukuran porsi (sebagai contoh, biasakan gunakan ukuran setengah cangkir) dapat membantu. Anda pasti menginginkan untuk melihat berapa skala pada awalnya, sehingga Anda dapat melihat 3 ons daging itu seperti apa (tidak banyak!). Dengan Anda membeli 8 ons keju, Anda potong menjadi 8 potong yang sama dan hanya makan satu ons setiap kali makan.

Banyak minum air.

Dengan banyak minum air akan membantu mengisi perut dan memberikan bantuan untuk pecernaan dan eliminasi. Masukan dua liter botol di kulkas Anda, dan pastikan anda menghabiskannya dalam sehari. Cobalah untuk rileks, hindari porsi makanan besar, mengemil dengan apapun yang sehat dan mulai untuk program olahraga. Sayangnya, selama masa kehamilan, tidak ada ruang untuk “tambahan”.

Share for life

Support life with sharing to your friends!